Sabtu, 23 Juli 2011

MOS (Masa Orientasi Santri) Sabtu, 23 Juli 2011 16:16


MOS (Masa Orientasi Santri)
Sabtu, 23 Juli 2011 16:16
Alhamdulillah, setelah menjalankan tes penerimaan santri baru dengan dua kali gelombang tes penerimaan yaitu pada tanggal 2 Juni 2011 yang lalu dan terserap dari sekian pendaftar sejumlah 20 anak yang dinyatakan masuk di MTs dan MA sejumlah 13 anak. tes gelombang kedua yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2011 lalu diikuti oleh 50 anak untuk MTs dan 19 anak untuk MA, dari tes gelombang kedua ini diserap anak sejumlah empat puluh anak MTs dan 10 anak.
para santri baru yang sudah dinyatakan lulus ini diwajibkan untuk registerasi ulang pada hari Senin, 11 Juli 2011. secara bergantian, bergiliran, berbondong-bondong, para orang tua wali santri baru menyerahkan putra-putrinya ke pondok pesantren. Surat penyerahan kepengasuhan dan kependidikan dibagikan oleh panitia dan diisi serta diserahkan kembali oleh para wali santri.

Senin, malam dibuka secara resmi acara masa orientasi santri oleh Direktur pontren yang diwakilkan oleh Ust. yuli saiful Bahri, S.Pd.I. program ini dimulai dari jam 20.30-21.30 wita
Selasa, 12 Juli 2011, kegiatan dimulai dengan solat malam, solat subuh berjamaah, doa bersama, sarapan, senam santri, PBB yang dilatih secara langsung oleh Pak Wayan suarta (Bimas desa Meliling). kemeriahan mulai terasa penuh. Seusai PBB, para santri baru yang dibimbing leh pengurus OSALA bersih diri dilanjutkan dengan solat Dluha dipandu oleh ust. Turoichan AI. penjelasan lembaga pendidikan formal disampaikan olejh kepala madrasah masing-masing, Pak Drs. Imam mawardi, MPdI kepada santri baru MA dan pak Mujiono Eko susanto, SPd kepada santri baru MTs. solat dzuhur berjamaah, makan siang dan rehat sebentar menjeda kegiatan berikutnya, yaitu: musawarah pondok pesantren  yang langsung dipimpin oleh Mudiril Ma'had Drs. H ktut imaduddin Djamal, SH, sedangkan para santri baru dikumpulkan di ruang multi media diberikan ta'aruf mengenai OSALA dan OSIS oleh para pengurus oganisasi. Asar setelah solat diisi oleh ust harun dengan dinamika kelompok, ba'dal isya dan makan malam khutbatul 'arsy yang langusnung disampaikan oleh Ayahanda tercinta, Mudirul ma'had.

rabu, dimulai dengan solat malam, solat subuh, berdoa bersama melantunkan asmaaul husna, dilanjutkan dengan futuur atau sarapan dan disempurnakan dengan senam santri, PBB, materi kepondok pesantrenan, motivasi belajar oleh bapak Haris Budi santosa, SPd, mahkamah syariah, baca tulis al qur'an, solat dzuhur, makan siang, tata upacara, dilanjutkan dengan materi pramuka santri oleh Kakak pembina Hakam dari denpasar. Bakda solat asar, ust Agus ahmad rijal didampingi oleh ust Usbani, usth meilina Rahma, usth irfaatin dan usth sajaliyah dibantu oleh sebagian pengurus OSALA berangkat dalam kegiatan out door - adventuring, jelajah alam. Bakdal isa, materi kepondokan khusus Pontren bali bina insani.

kamis, upacara penutupan MOS dilaksanakan dengan bergaya format upacara penuh, dengan inspektur upacara Yuli Saiful Bahri selaku ketua panitia, yang membagikan hadiah kepada 3 juara masing-masing untuk MTs dan MA. Santri Ngafif Ngabdulloh, Joko Trihandoyo dan Fajri Zulia ramdhani merupakan yang terbaik untuk MA. adapun Ferdian dengan kelompoknya merupakan kelompok terbaik selama masa MOS. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar